Curug Putri Tempat Mandinya Para Bidadari

Curug putri
+

Curug Putri sendiri berada di Dukuh Padanama, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah. Jika para pengunjung mau datang kemari, perjalanan menggunakan kendaraan bermotor bisa di tempuh selama 30 menit dari pertigaan Kaliasalak Desa Benda ruas jalan utama Tegal-Purwokerto. Sesampainya di Desa Mendala, perjalanan kemudian di lanjutkan menuju ke Dukuh Padanama namun akses ke curug putri ini lumayan susah juga, karena jalanannya belum di aspal dan kendaraan yang kita gunakan hanya bisa sampai di dusun ini. kemudian para pengunjung harus berjalan kaki melewati indahnya pematang sawah sejauh 500meter. Di saat perjalanan ini para pengunjung bisa menikmati indahnya suasana pedesaan yang masih asri dan di hiasi hijaunya hamparan sawah yang ada di sekitarnya.

Curug Putri BrebesDulunya Curug Putri ini memiliki dua air terjun, dan lebih di kenal sebagai curug kembar. Namun lama kelamaan debit air di salah satu sungai ini menurun, sehingga ya jadi tinggal satu aja. Namun nggak bakal ngilangin dari keindahannya. Dengan ketinggian air terjun yang menjapai 35 meter dan di dihiasi dengan tebing batu di sisi-sisinya yang membentuk ukiran yang tampak sangat di tata rapi. Namun sebenarnya keindahan batu sekitar air terjun ini adalah terbentuk secara alami. Pemandangan alam sekitar curug pun masih sangat alami, di hiasi batuan yang menghijau karna berlumut dan pepohonan tinggi yang menambah kesejukan di lokasi ini. Di hiasi pelangi-pelangi yang terlihat sangat indah ketika sinar matahari jatuh pada titik-titik tumpahan dari air terjun curug putri. Dengan suasana yang begitu asri, tidak salah jika lokasi ini sering di jadikan  tempat untuk melepas kepenatan dari kesibukan sehari-hari. Terkadang curug putri juga di gunakan sebagai tempat bernostalgia masa kecil dimana saat bermain air.

Di desa atau kecamatan ini rupanya juga mnenjadi salah satu daerah lumbung padi di Kabupaten Brebes sendiri. Tanah yang subur di desa ini menjadikan mayoritas warganya lebih memilih untuk bertani padi maupun sayur-sayuran sebagai mata pencahariannya.

Oh ya menurut cerita yang beredar di masyarakat sekitar kenapa air terjun ini di namain curug putri adalah curug yang berarti air terjun, dan putri yang di maksud bukan cewek maupun putri raja, namun bidadari dari kayangan. Kenapa bisa gitu? Karna menurut cerita para sesepuh di kampung sekitar curug putri mengatakan bahwa curug putri ini dulunya adalah tempat mandinya para bidadari dari kayangan.

Dengan berbagai keindahan alamnya, curug putri ini dulunya tidak pernah di lirik oleh pemerintah. Namun kini mulai di perhatikan oleh pemerintah dan orang-orang yang peduli akan curug ini. Di sekitaran Curug putri ini sekarang juga sudah mulai berbenah agar para pngunjung betah untuk berlama-lama di lokasi ini. terbukti sekarang sudah mulai di bangunnya kolam renang di sekitaran curug putri. Namun masih banyak juga berbagai hal yang masih harus di benahi di lokasi wisata ini sehingga dapat menjadi daya tersendiri dan memberikan magnet bagi para pengunjung yang berwisata kesini.

Tinggalkan komentar anda