Masih Ada Hutan dan Susana Sejuk di Jakarta Utara

mangrove jakarta
+

Nikmati Sejuknya Udara Jakarta di Wisata Alam Mangrove, udara di Jakarta sudah tak sesegar dulu. Mungkin ungkapan itu benar adanya. Tapi masih ada spot udara segar di Ibukota yang layak untuk dinikmati sebagai objek wisata. Yakni Taman Wisata Alam Mangrove Hutan Mangrove di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Hutan Mangrove Jakarta 2

Pada mulanya kawasan hutan mangrove Angke Kapuk ini dikukuhkan sebagai Cagar Alam sejak tahun 1939 dengan luas 1.114 ha pada masa pemerintahan kolonial Belanda. Pada masa itu, kawasan ini sudah dirancang sebagai daerah penyangga lahan basah untuk menampung masa air pada saat pasang besar dan banjir. Namun dalam perkembangannya, kawasan mangrove Angke Kapuk banyak dikonversi menjadi peruntukan lain seperti, pemukiman, tambak terbuka, jalur jalan tol Cengkareng dan lapangan golf pantai indah kapuk.

Oleh karena itu,kaawasan ekowisata ini ditetapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk dipertahankan keberadaannya sebagai hutan tetap. Menipisnya ekosistem mangrove menjadi perhatian serius pemerintah, karena mangrove memainkan peran penting dalam pengendali banjir pasang musiman (saat air laut pasang pada musim hujan) dan sebagai pelindung wilayah pesisir.

Di kawasan ini, kamu dapat menikmati perjalanan wisata mangrove ke area alami untuk mempelajari, mengagumi dan menikmati pemandangan alamnya yang indah dengan flora faunanya yang menarik. Letak tempat ini cukup strategis karena berada di Pusat Ibukota Negara yang dilalui oleh jalan tol menuju arah Bandara Soekarno Hatta dan merupakan satu satunya mangrove dunia yang berada Ibukota Provinsi. Wow! Keren ya…

Hutan Mangrove Jakarta

Setelah kamu masuk ke lokasi wisata ini, ada berbagai spot yang bisa kamu kunjungi, dari mulai jembatan gantung yang hanya bisa dilewati maksimal empat orang, rumah panggung, hutan bakau, dan pesisir laut. Selain menikmati pemandangan hutan bakau di atas rumah panggung, kamu juga bisa menghirup udara segar dan angin sepoi-sepoi di sana. Namun bagi kamu yang suka berfoto, kamera dilarang dibawa masuk. Tapi tenang, ponsel dengan kamera berkualitas bagus tetap boleh dibawa.

Lokasi ini juga pas untuk dijadikan tempat foto prewedding lantaran banyak spot yang indah untuk dijadikan momen mesra. Sebagian besar pengunjung yang datang adalah anak muda. Hanya ada beberapa orangtua dan anak. Jika lapar, kamu bisa datang ke kantin taman mangrove ini dengan bentuk meja yang khas dibuat dari anyaman kayu.

Perjalanan wisata di Utara Jakarta termasuk murah. Sebab total budget yang kamu perlu siapkan untuk menikmati Taman Wisata Alam Mangrove ini hanya sekitar Rp 50-100 ribu, dari mulai transportasi hingga tiket dan makan.

Tips:

  1. Pakai baju yang anti-gerah
  2. Pakai topi lantaran matahari begitu terik
  3. Bawa kacamata untuk menghindari silaunya sengatan Matahari
  4. Bawa makanan dari rumah lebih baik, atau membeli camilan di market di luar
  5. Persiapkan fisik lantaran perjalanan untuk mengitari seluruh spot lumayan jauh

Semoga Jalan-jalanmu menyenangkan.

Tinggalkan komentar anda