Toyota Hiace Mobil Dengan Banyak Keunggulan dan Kemewahan

keunggulan hiace
+

Toyota Hiace adalah kendaraan komersial berukuran menengah buatan pabrikan otomotif Toyota di Jepang. Pertama kali diluncurkan di Jepang tahun 1967, sampai sekarang Toyota Hiace digunakan secara luas dalam berbagai konfigurasi untuk kebutuhan berbagai macam bisnis.

Generasi kedua dari Hiace yang diluncurkan pada tahun 1977 telah masuk ke Indonesia. Di Indonesia, populasi Hiace ini cukup banyak. Meskipun pada dasarnya hanya dibuat dalam bentuk pick up, juga tersedia Hiace Minibus yang dibuat oleh perusahaan karoseri lokal.

image2.php

Pada tahun 2005 Toyota Hiace meluncurkan Hiace generasi kelima. Di generasi kelima, tuas transmisi Hiace dipindah ke dasbor mobil untuk lebih mempermudah gerak di dalam kabin.

Semua model mesinnya memakai mesin 4 silinder DOHC, dengan varian bensin berkode 1TR-FE 2.000 cc atau 2TR-FE 2.700 cc dan mesin diesel berkode 2KD-FTV 2.500 cc atau 1KD -FTV 3.000 cc D4-D.

Mesin 2.5L turbodieselnya bertenaga 75 kW @ 3.600 rpm, dan mempunyai torsi 260 Nm @ 1.600-2.400 rpm. Sedangkan mesin turbo diesel 3.0L mempunyai tenaga 80 kW @ 3.000 rpm dengan torsi maksimum 286 Nm @ 1.200-1.600 rpm. Mesin bensin 2.7L bertenaga 111 kW @ 4,800 rpm dengan torsi maksimum 241 Nm @ 3,800 rpm.

Toyota Hiace kembali masuk ke Indonesia setelah event Indonesia Internasional Motor Show dalam bentuk CBU (Completely Built Up) dari Jepang. Tersedia dalam 2 tipe yaitu High Grade (standar) dan High Grade Commuter (versi lebih mewah), namun sama-sama menggunakan mesin 2KD-FTV 2.5L Turbocharged.

Selama ini mobil MPV sekelas Kijang Innova atau Avanza selalu diandalkan saat liburan atau mudik lebaran. Sebenarnya mobil sekelas ini daya angkutnya sudah besar. Namun apa jadinya jika masih kurang besar ?

Daripada membawa dua unit MPV, minibus gambot ini bisa menjadi alternatif. Beserta sopir, ia mampu membawa 15 penumpang sekaligus. Sangat menghemat biaya bukan ? Apalagi Hiace menggunakan mesin diesel yang dikenal irit BBM.

Daya angkut besar berasal dari panjangnya yang mencapai 5.380 mm. Belum cukup, tingginya mencapai 2.285 mm. Tak heran bisa leluasa berjalan di dalam Hiace. Ditambah keberadaan pintu geser manual dan footsteep, tidak sulit mengakses kabin Hiace ini.

Hiace menganut formasi bangku 3-3-3-3-4. Bangku paling depan tinggi dan butuh sedikit melompat agar dapat naik. Enaknya, dengan posisi duduk tinggi visibilitas pengemudi luas. Sandaran jok bagian tengah dapat dilipat ke depan guna menciptakan armrest dan terdapat cup holder diatasnya.

Interior Hiace

Bangku barisan kedua memiliki legroom terlega. Adanya sedikit ruang di sisi dekat pintu geser memberi tambahan ruang gerak bagi penumpang. Sandaran bangku dapat dilipat terpisah sehingga membantu memberikan kenyamanan saat perjalanan jauh. Kisi AC tersedia untuk semua baris bangku.

Formasi baris bangku baris ketiga dan keempat cukup unik lantaran terpisah untuk memberikan ruang bagi penumpang lewat. Positif lainnya, gang tersebut memberikan sedikit kelegahan bagi bahu penumpang.

Bangku barisan kelima menyediakan tempat untuk 4 penumpang. Lumayan sesak. Bangku tersebut dapat juga dilipat ke samping 50:50 jika ingin menambahkan volume bagasi.

Bicara keamanan, seluruh bangku telah dilengkapi sabuk keselamatan. Di dinding juga terdapat palu untuk memecahkan kaca jika terjadi kondisi darurat. Model High Grade Commuter ini sudah dilengkapi rem ABS+BA. Menjaga mobil agar tetap mudah dikendalikan di situasi sulit.

Hiace dilengkapi mesin diesel 2KD-FTV sama dengan milik Kijang Innova. Unit common-rail ini hanya mampu menghasilkan tenaga 102 dk dan torsi 265 Nm. Penerus daya digunakan transmisi manual 5 kecepatan.

Dibandingkan unit serupa berteknologi turbo variable milik Fortuner VNT memang tenaga Hiace kalah jauh. Namun masih mumpuni di jalan. Sedikit sulit saat perpindahan gigi, tapi torsi besar lang sung terasa di putaran rendah. Sangat pas untuk kendaraan komersil.

Menggunakan per daun di belakang membuat bantingannya sulit menandingi MPV. Sinergi dengan body tinggi mengurangi kemampuannya bermanuver. Tidak masalah mengingat kebutuhannya memang untuk mengangkut penumpang dalam jumlah besar.

Seperti telah disinggung di depan, Hiace terlihat unik karena desain atapnya yang tinggi. Body kotak minimalis tanpa banyak guratan. Foglamp di depan menghilangkan kesan kaku pada Hiace. Sementara di belakang terdapat lampu rem ketiga LED.

Tertarik menggunakannya untuk kebutuhan liburan? Sediakan Rp.398 juta untuk mendapatkan Toyota Hiace High Grade Commuter M/T. Atau justru tertarik menggunakannya untuk angkutan travel?

Jika anggota keluarga anda lebih dari 12 orang, Hiace dapat dijadikan pilihan untuk wisata bersama. Ruang yang lega menjamin setiap orang dapat ikut serta. Mesin diesel irit dan aplikasi fitur keselamatan merupakan bonus berharga. Atau ingin sekalian buka usaha travel? Silahkan saja.

Tinggalkan komentar anda